Rangkaian HLH 2024 - Gerakan Penanaman Pohon Bersama Eco Pesantren Kota Probolinggo

Dalam Rangka Rangkaian Peringatan HLH Tahun 2024. Pemerintah Kota Probolinggo Gelar Gerakan Penanaman Pohon Bersama Eco Pesantren Kota Probolinggo

Upaya pemulihan lahan sangat erat kaitannya dengan aksi penyelesaian krisis iklim yang melibatkan teknik pengelolaan air yang efisien, reforestasi (penanaman kembali) lahan-lahan yang tidak produktif. 

Pemerintah Kota Probolinggo berkomitmen untuk berperan aktif dalam pengendalian krisis iklim, kelestarian lingkungan diantaranya dengan berbagai gerakan inisiatif yang berbasis pemulihan lingkungan, peningkatan efisiensi energi dan lain-lain.

Dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman bersama serta memberikan bantuan bibit pohon sekitar 300 buah yang terdiri dari pohon tatebuya, eucaliptus, durian, juwet yang didukung oleh PT. KTI, pemberian bibit pohon Mangga yang dibantu oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur yang diberikan kepada 15 pondok pesantren, bertempat di pondok pesantren Zainul Islah Kamis (06/06).


Gerakan penanaman dan pemberian bantuan bibit tanaman kepada pondok pesantren merupakan upaya yang dilakukan DLH sebagai stimulan untuk menggerakkan Eco Pesantren di Kota Probolinggo. Dalam kesempatan ini, Baznas juga menyalurkan bantuan paket cat untuk mushola.

Turut hadir mendukung kegiatan ini adalah  Kemenag, Bagian Kesra, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.  Diharapkan semua pihak mampu mendukung program Eco Pesantren melalui anggaran masing-masing. Program perawatan dan pembangunan gedung di Pondok Pesantren harus mendukung prinsip Green Building yang dapat mendukung  salah satu indikator Penilaian Eco Pesantren.

LINK TERKAIT