Aksi Mitigasi Adaptasi Dampak Perubahan Iklim

Aksi Mitigasi Adaptasi Dampak Perubahan Iklim dengan Gerakan Perbanyak Biopori (Si Mak Ngebor) dan Pembuatan Biopori di RW.09 Kelurahan Kanigaran

Giat Sosialisasi Pengelolaan Lingkungan dan Aksi Mitigasi Adaptasi Dampak Perubahan Iklim, salah satu Gerakan Pembuatan Lubang Resapan Biopori di Jl. Supriyadi GG. Pesantren RW.09 Kelurahan Kanigaran, yang melibatkan Masyarakat, LPM, RT/RW, Perwakilan Mitra DLH Tim Si Mak Ngebor dan di dampingi Dinas lingkungan Hidup Kota Probolinggo yang dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Plt.Kabid P2KLH beserta Staf DLH.

Narasumber Si Mak Ngebor Pembuatan Biopori oleh Anggrainingsih ( Penggiat Proklim dan Ketua Kader Penggerak Lingkungan Kelurahan Kebonsari Kulon ), menyampaikan peran serta keterlibatan masyarakat, dunia usaha dan Pemerintah  dalam pengelolaan lingkungan yang Berseri (Bersih dan lestari) harus bersinergi, salah satu kegiatan Aksi Mitigasi dan Adaptasi penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) salah satunya pembuatan Lubang Biopori  10 titik  yang berfungsi ganda mengurangi genangan air hujan dan tempat pengomposan sampah organik dengan kedalaman 80 -100 Cm , menambah daya serap air di lingkungan sekitar, tanah semakin subur, harapannya Lubang Biopori di rawat dengan baik masukkan sampah organik sisa sayuran, kulit buah, sisa makanan dan di masukkan kedalam lubang biopori maka menghasilkan pupuk kompos.



Kegiatan ini harapannya di Kampung GG. Pesantren RW.09 Lubang Resapan  Biopori yang sudah di buat benar-benar dapat di fungsikan secara maksimal oleh warga sekitar, merawat Biopori terus di tingkatkan  untuk menjaga lingkungan tetap Berseri ( Bersih dan Lestari ) dan giat mengelola pemilahan sampah melalui Bank Sampah dan Pengomposan.

"Merawat Kampung, Menjaga Bumi" "Salam Bumi.....Pasti Lestari"

LINK TERKAIT