Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik

Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Lingkungan Hidup terus berupaya menjalankan komitmennya dalam mengurangi sampah plastik, antara lain dengan mengadakan kegiatan pelatihan daur ulang sampah plastik yang digelar pada tanggal 24 Februari 2016 bertempat di halaman kantor UPT. Pengolahan Sampah dan Limbah Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. Peserta kegiatan daur ulang sampah plastik ini terdiri dari 30 unsur sekolah Adiwiyata di Kota Probolinggo. Turut pula hadir dalam kegiatan tersebut, Katarina Suwenda dan Kristantina dari Bank Sampah “Srikandi”, yang bertindak sebagai narasumber dan instruktur.

Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik

Pelatihan daur ulang plastik menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis seperti tas kali ini, dibuka oleh Sekretaris BLH Kota Probolinggo Siti Masitoh, SH. mewakili Kepala BLH Tutang Heru Aribowo, M.Si, dengan didampingi oleh Kabid P2DPL Deus Nawandi, S.STP serta Kasubag UPT. PSL Eva Wahyu Kurniawati, S.TP.

Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik

Dalam sambutannya, Sekretaris BLH menyampaikan bahwa sampah plastik adalah termasuk dalam kategori sampah yang sulit terurai, dengan demikian dibutuhkan penanganan khusus dalam menanggulangi sampah jenis ini, salah satu tindakan nyata yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan-kegiatan 3R.

Pelatihan Daur Ulang Sampah Plastik

Melalui pelatihan daur ulang sampah plastik ini, diharapkan dapat mengupayakan pembuangan plastik seminimal mungkin. Karena dengan berkurangnya sampah plastik yang masuk ke TPA maka dampak buruk terhadap lingkungan pun dapat diminimalisir. Setelah pembukaan acara selesai dilanjutkan dengan pelatihan daur ulang sampah plastik, dengan dipandu oleh narasumber dari Bank Sampah ”Srikandi”.