Stand Pameran Lingkungan

Pameran Lingkungan dalam rangka memeriahkan kegiatan Festival lingkungan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari berlangsung cukup kreatif dan semarak.

Gedung Islamic Center Kota Probolinggo menjadi tempat dalam penyelenggaraan event festifal lingkungan yang diselenggarakan oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 11 s.d 13 Agustus 2015 yang diikuti oleh 20 (dua puluh) peserta yang terdiri dari 10 (sepuluh) sekolah adiwiyata dan 10 (sepuluh) Pokmas. Pameran lingkungan dalam rangka mendukung kegiatan festifal lingkungan tersebut menampilkan produk unggulan yang terdapat pada masing-masing kelompok maupun sekolah yang terbagi dalam masing-masing stand dari 20 (dua puluh) sekolah diantarannya : SMUN 2, SMKN 1, MAN 2, SMP 3, Mangunharjo 12, SMP 7, SD Mangunharjo 6, SDK Materdai, SD Tisnonegaran 2, SD Wiroborang 1.

Sedangkan untuk kelompok masyarakat/Pokmas yang bekerjasama dengan PKK berjumlah 10 (sepuluh) stand diantarannya : Grontologi Adiyoso, PAPESA, Bank Sampah Maspro Mesra, Penarik gerobak sampah / PGS ceria, Abang becak dan 5 (lima) pokmas perwakilan dari PKK pada masing-masing kecamatan yakni Mayangan, Kanigaran, Kademangan, Wonoasih, Kedopok serta tidak lupa keikutsertaan telkomsel dan RS. Dharma Husada. Tujuan dari pelaksanaan pameran lingkungan yakni mengenalkan tentang cipta dan karya yang telah digagas dan dibuat oleh sekolah adiwiyata baik tingkat kota, provinsi, nasional serta mandiri serta kelompok masyarakat yang tergabung dengan PKK untuk diperkenalkan kepada masyarakat sebagai suatu edukasi lingkungan agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Masing-masing stand pameran yang diikuti oleh sekolah dan pokmas tersebut menyuguhkan materi berwawasan lingkungan yang berbeda – beda, ada yang menampilkan produk daur ulang, olahan dari tanaman produk unggulan sekolah seperti minuman pokak jahe serta energy terbarukan yang ditampilkan oleh sekolah SDK Materdai dan SMKN 1 Kota Probolinggo, untuk produk unggulan seperti sirup pokak ataupun sirup belimbing diwakilkan oleh SMP Negeri 3 dan SD Wiroborang 1 sedangkan TP.PKK dari masing-masing perwakilan 5 (lima) kecamatan menampilkan produk daur ulang seperti tas, dompet, topi, dls.

UPT. Informasi Pendidikan Lingkungan Hidup / UPT.IPLH sebagai koordinator pada kegiatan pameran lingkungan tersebut menggandeng RS. Dharma Husada pada hari pertama pembukaan yakni tanggal 11 Agustus 2015 untuk memeriahkan acara festifal tersebut dengan membuka cek kesehatan seperti gula darah dan kolesterol serta konsultasi kesehatan secara gratis. Selain itu juga tidak ketinggalan menggaet Telkomsel untuk memeriahkan kegiatan tersebut sebagai donatur pemberian hadiah bagi stand terbaik dan terkreatif juara 1, 2, dan 3.

Pengumuman pemenang stand pameran terbaik setelah dilakukan penilaian oleh tim juri yang terdiri dari : Kabid Bidang P3KLH Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, Kepala UPT. IPLH Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo serta Telkomsel menetapkan Sekolah MAN 2 Kota Probolinggo sebagai juara I lomba stand terbaik dan terkreatif sedangkan juara II nya berhasil diraih oleh SDK Materdai dan juara III diraih oleh Tp. PKK Kecamatan Wonoasih. (MH)