Kampung Iklim (Proklim) adalah suatu lokasi yang masyarakatnya melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara terukur dan berkesinambungan. Kampung iklim (Proklim) merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi, perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK (Gas Rumah Kaca) nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Pelaksanaan ProKlim mencakup serangkaian kegiatan perencanaan, sosialisasi, fasilitasi, pengawasan, penilaian dan evaluasi dan kampung iklim. Melalui pelaksanaan ProKlim, Pemerintah memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 19/2012 tentang Program Kampung Iklim. Proklim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah minimal setingkat Dusun/Dukuh/RT/RW dan maksimal setingkat Desa/Kelurahan.
Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan akan mendapat pendampingan dari Propinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk menjadi percontohan kampung iklim.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi kegiatan mitigasi dan adaptasi seperti:
1. Pengendalian kekeringan, banjir, dan longsor;
2. Peningkatan ketahanan pangan;
3. Pengendalian penyakit terkait iklim;
4. Penanganan atau antisipasi kenaikan muka laut, rob, intrusi air laut, abrasi atau erosi akibat angin, gelombang tinggi.
5. Pengelolaan sampah,limbah padat dan cair;
6. Pengolahan dan pemanfaatan air limbah;
7. Penggunaan energi baru terbarukan, konservasi dan penghematan energi;
8. Budidaya pertanian;
9. Peningkatan tutupan vegetasi; dan
10. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

SOSIALISASI PROKLIM KELURAHAN MANGUNHARJO

Tujuan diadakannya Sosialisasi Program Kampung Iklim pada masyarakat Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan yaitu memberikan pengertian tentang aksi Mitigasi Dan Adaptasi perubahan iklim dan kegiatan-kegiatan mitigasi dan adaptasi sehingga mendorong partisipasi aktif masyarakat untuk melaksanakan aksi lokal guna meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK ( Gas Rumah Kaca). Kegiatan Sosialisasi Program kampung iklim (Proklim) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 mei tahun 2017 tempat rumah bpk. Mahfud Jalan Ahmad Yani gg.Soetomo Rt.02 Rw.07 Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo.

Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kelurahan Mangunharjo Tahun 2017
Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kelurahan Mangunharjo Tahun 2017
Sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kelurahan Mangunharjo Tahun 2017

(DLH – Bid. P2KLH)