Sosialisasi & Koordinasi Komite Perubahan Iklim Kota Probolinggo Tahun 2017

Perubahan iklim adalah terjadinya perubahan kondisi atmosfer, seperti suhu, perubahan cuaca yang menyebabkan suatu kondisi yang tidak menentu.

Perubahan ini sangat berdampak luas bagi kehidupan manusia dalam berbagai sektor. Perubahan iklim yang mengakibatkan berbagai bencana alam seperti banjir/rob, kekeringan, angin puting beliung, kenaikan muka air laut, kerusakan terumbu karang, peningkatan abrasi, dan ketidakpastian musim menimbulkan dampak serius terhadap seluruh aspek kehidupan.

Beberapa sektor sensitif seperti dalam bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pertanian, kesehatan, infrastruktur, transportasi, energi, dan pariwisata.

Sosialisasi & Koordinasi Komite Perubahan Iklim Kota Probolinggo Tahun 2017

TUJUAN KEGIATAN :

  1. Menguatkan Koordinasi dan Komitmen para anggota Komite Perubahan Iklim dalam melaksanakan Aksi Daerah mengatasi Dampak Perubahan Iklim di Kota Probolinggo.
  2. Mengevaluasi sejauh mana Kegiatan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Adaptasi Dampak Perubahan Iklim Kota Probolinggo sesuai Perwali No 37 Tahun 2013.
  3. Up Date Data GRK Invantory dan PEP Kota Probolinggo Tahun 2016-2017, sebagai salah satu Indikator keberhasilan Kinerja Walikota Probolinggo.
  4. Sehubungan dengan adanya perubahan SOTK yang sebagian diambil alih oleh Provinsi maka perlu melakukan review Perwali 37 tahun 2013 terkait dengan target penurunan GRK dan upaya-upaya penurunan emisi GRK Kota Probolinggo.

OUTPUT KEGIATAN:

  1. Ketersediaan Data dari masing-masing SKPD untuk mendukung terlaksananya perhitungan Emisi GRK dan data PEP Kota Probolinggo dengan system SIGN SMART.
  2. Diperoleh masukan untuk review Perwali 37 tahun 2015 dari setiap SKPD yang tergabung di Komite Perubahan Iklim Kota Probolinggo.
  3. Adanya Penguatan dan dukungan oleh seluruh SKPD anggota Komite Perubahan terhadap lokasi pilot project Project Kampung Iklim.

Kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Komite Perubahan Iklim Kota Probolinggo Tahun 2017, dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 28 November tahun 2017, tempat Aula Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. Peserta Komite Perubahan Iklim antara lain: Dinas Pertanian, Dinkes, DPU & Perkim, DLH, Diskominfo, Dinas Pendidikan & Olahraga, PDAM, DISHUB, BPPKAD, BPBD, BAPPEDA dan Mitra Lingkungan.

Hasil dari kegiatan Komite Perubahan Iklim Kota Probolinggo dan pendampingan oleh GIZ berupa Laporan Inventarisasi Emisi (GRK) Kota Probolinggo Tahun 2010-2015 pada sector Limbah padat, pertanian, transportasi dan energy. Capaian penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Kota Probolinggo sebagai berikut:
Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada tahun 2014 penurunan GRK 1,59 %, tahun 2015 penurunan GRK 1,63 % dan awal tahun 2016 capaian penurunan GRK 1,81 %.