Sosialisasi Detektif Kecil Sungai

Bertempat di Aula SD Negeri Kademangan 1 dan Aula SMK Negeri 4 Kota Probolinggo, Pada tanggal 3 – 4 Februari 2016 UPT Laboratorium Lingkungan BLH Kota Probolinggo telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Detektif Kecil Sungai Memantau Bersama (Diksun Mama) Tingkat SD, SMP dan SMA Tahun 2016. Untuk tingkat SD diikuti oleh 19 sekolah dimana setiap sekolah diwakili oleh 3 siswa dan 1 guru pendamping. Sedangkan untuk tingkat SMP dan SMA diikuti oleh 15 sekolah dimana setiap sekolah diwakili oleh 4 siswa dan 1 guru pendamping. Lokasi Pemantauan dilaksanakan di Anak Cabang Sungai Legundi (JL. Brantas).

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui adanya gangguan lingkungan pada ekosistem sungai, menginventarisasi sumberdaya biologis, memberi ruang partisipasi bagi siswa, mengetahui dampak pembangunan proyek pengairan, menumbuhkan kemandirian siswa untuk mampu mendeteksi pencemaran air sungai sejak dini sehingga bisa segera di atasi, mengetahui berbagai sumber pencemaran air sehingga bisa bersama-sama merubah pola kegiatan sehari – hari yang bisa menjadi penyebab terjadinya pencemaran.

Kesimpulan yang didapat dari hasil pengamatan dan identifikasi biota oleh para peserta Diksun Mama adalah bahwa kualitas air cabang Sungai Legundi termasuk dalam kategori Tercemar Sedang dan penilaian kesehatan habitat bantaran sungai tergolong kurang sehat.

Selanjutnya sebagai bagian rencana tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan tersebut, UPT Laboratorium akan mengadakan Kegiatan Lomba Diksun dengan target peserta Tingkat SD/SMP/SMA sebanyak 100 peserta. Kegiatan tersebut direncanakan dapat digelar awal bulan April 2016 untuk memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2016.