SDN Kanigaran VI Suguhkan Citra Sekolah Berbudaya Lingkungan

Ciri dari sekolah berbudaya lingkungan adalah saat kita memasuki area sekolah tersebut sudah bisa tercium dan terasa saat kita pertama kali memasuki gerbang sekolahnya, hal ini digambarkan karena suasana sekolah yang asri, sejuk dan juga rindang penuh dengan penghijauan di seluruh area sekolah.

SDN Kanigaran VI Suguhkan Citra Sekolah Berbudaya Lingkungan

SDN Kanigaran 6 yang terletak di jl. Maramis merupakan salah satu calon sekolah adiwiyata tingkat kota tahun 2016 yang maju mengikuti adiwiyata kota secara independen tanpa sekolah induk awalnya. Sekolah yang berlokasi satu area dengan sekolah SDN Kanigaran 8 ini teridentitas dengan warna orange untuk membedakan dengan sekolah sebelahnya yang berwarna hijau.

Berbudaya lingkungan yang sudah tercium di SDN Kanigaran 8 adalah selain terlihat dari sarana dan prasarananya juga terlihat dari Tim hijau atau kader lingkungannnya yang sudah mulai tertanam budaya lingkungannya. Hal ini terlihat saat mereka menjelaskan tentang beberapa sarana prasarana seperti cara pemilahan sampah yang terdapat pada sampah terpilah yakni organic, plastic dan kertas kepada tim penilai saat berkunjung ke sekolah mereka rabu lalu 26/10/2016.

SDN Kanigaran 6 yang mendapatkan kunjungan terakhir dari tim penilai kelompok II yang dikordinasi oleh SUKIRLAN (Pengawas SD pada Dinas pendidikan Kota Probolinggo) saat itu disambut oleh tim hijau dengan lagu serta yel-yel lingkungan andalan mereka. Sekolah yang berlahan kategori dua (berbagi lahan dengan sekolah lain) juga terdapat banyak keunikan didalamnya saat proses penilaian berlangsung, diantaranya adalah kantin sekolah mereka yang hampir bisa dikatakan bebas 5 P juga tersedia menu yang berbeda setiap harinya. Kantin tersebut setiap harinya tidak menjual makanan yang sama tetapi dijadwalkan sesuai harinya untuk menu makanan. Tempat suguhan merekapun sudah tidak memakai alas plastik melainkan menggunakan alas daun pisang. sungguh luar biasa.