Kesan yang didapat tim penilai adiwiyata kota tahun 2016 saat memasuki SDN Kademangan 4 adalah “ rindang “. Kesimpulan tersebut didapatkan karena melihat kondisi sekitar sekolah yang hijau dan asri, terdapat banyak sekali tanaman serta pohon yang menguasai area sekolah tersebut.

Rindangnya SDN Kademangan IV Kota Probolinggo

SDN Kademangan 4 merupakan salah satu sekolah dari 36 (tiga puluh enam) calon sekolah yang mengikuti usulan adiwiyata kota tahun 2016. Kebetulan sekolah ini mendapatkan kunjungan terakhir yang dilakukan oleh tim penilai adiwiyata kota pada 27/10/2016 . tim penilai adiwiyata kota tahun 2016 yang meliputi berbagai unsur mulai dari pengawas SD & SMP dari Dinas Pendidikan Kota Probolinggo untuk komponen I dan II tentang kurikulum tingkat satuan pendidikan/KTSP memuat kebijakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan serta tentang tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sedangkan untuk komponen III dari LSM Lingkungan meliputi melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana bagi warga sekolah serta menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah,swasta, media, sekolah lain). Dan di komponen terakhir yakni komponen IV melibatkan dari Badan Lingkungan Hidup yaitu ketersediaan sarana prasarana pendukung yang ramah lingkungan serta peningkatan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.

Rindangnya SDN Kademangan IV Kota Probolinggo

Yang menjadi unggulan pengelolahan sampah dari SDN Kademangan 4 adalah pengelolaan sampah organiknya yang bagus karena disana banyak sekali runtuhan daun mangga yang menjadi bahan dasar produk unggulan sekolah tersebut. Reruntuhan daun dari pohon mangga tersebut dimanfaatkan oleh SDN kademangan 4 untuk pengomposan dengan menggunakan komposter aerob yang sudah tersedia di sekolah tersebut.

Kerindangan yang terdapat pada calon sekolah adiwiyata tingkat kota tahun 2016 ini bukan hanya terdapat pada banyaknya pohon mangga yang tersebar di beberapa titik area tersebut tetapi juga banyaknya tanaman yang terdapat pada masing-masing taman kelas serta beberapa titik yang tersebar di seluruh lahan sekolah, bahkan yang menarik di kelas atas seperti kelas IV s.d VI yang lokasinya berada di lantai II juga terdapat tanaman dalam wadah-wadah pot besar yang cukup indah dan rindang membuat suasana kelas yang berada di lantai II terlihat sama rindang asrinya dengan kelas yang berada pada lantai I. (MH)