Rembug KAHBI (Kampung Hijau Bersih dan Indah)

TENTANG REMBUG KAHBI

REMBUG KAHBI adalah singkatan dari Kampung Hijau Bersih dan Indah yng merupakan forum komunikasi publik dengan tujuan untuk mewujudkan kampung hijau bersih dan indah yang dilaksanakan secara bergiliran di tiap-tiap kelurahan di Kota Probolinggo.

PELAKSANAAN REMBUG KAHBI

Kegiatan REMBUG KAHBI dipimpin langsung oleh Walikota Probolinggo dengan didampingi oleh seluruh Kepala Unit Kerja termasuk Muspida, perwakilan masyarakat kelurahan yang terdiri dari Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan LSM.

BENTUK KEGIATAN REMBUG KAHBI

Bentuk kegiatan Rembug KAHBI berupa dialog/tanya jawab tentang berbagai masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan dan lingkungan hidup serta berbagai permasalahan masyarakat secara umum di Kota Probolinggo. Hasil dialog kemudian dicatat dan di tindaklanjuti oleh dinas/instansi yang terkait dilingkungan Pemerintah Kota Probolinggo baik yang bisa dilaksanakan langsung atau menunggu pada agenda anggaran tahun berikutnya, yang semuanya tergantung pada tingkat urgensinya dari usulan yang diajukan oleh masyarakat.

TUJUAN REMBUG KAHBI

  1. Mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjadikan sebuah kampung yang hijau bersih dan indah.
  2. Mengidentifikasi dan menggali potensi yang ada di lingkungan baik dalam hal penyediaan sarana dan prasarana maupun sumberdaya manusia sebagai bentuk partisipasi sedangkan pemerintah memberikan dukungan berupa stimulasi hingga terwujudnya kampung yang hijau bersih dan indah.

MANFAAT REMBUG KAHBI

Manfaat utama dari digelarnya Kegiatan Rembug KAHBI adalah diharapkan partisipasi masyarakat khususnya di lingkungan RT/RW yang selama ini belum diberdayakan atau dilibatkan dalam pengelolaan kebersihan dan keindahan kota akan semakin meningkat. Terutama dalam hal pengumpulan sampah dari masing-masing warga yang terkoordinir melalui RT/RW serta dalam hal penghijauan lingkungan sekitar yang nantinya akan menunjang program Kampung Hijau Bersih dan Indah (KAHBI).