Rally Lingkungan Limbah dan Energi

Salah satu cara untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan akan lingkungan hidup dan perubahan iklim kaum muda Indonesia adlaah dengan menggunakan out-of-school learning environment sebagai media pembelajaran, dimana hal ini belum menjadi hal umum dalam praktik edukasi di Indonesia. Salah satu potensi pengembangan out-of-school learning environment untuk pendidikan lingkungan hidup dan perubahan iklim adalah melalui pusat pendidikan lingkungan hidup seperti di Taman Wisata Studi Lingkungan di Kota Probolinggo.

Rally Lingkungan Limbah dan Energi

Dengan mendukung TWSL dengan pengembangan kapasitas, salah satunya dengan memberikan waste and energy rallya antara Taman Wisata Studi Lingkungan ( TWSl ) dengan GIZ WA3 Paklim yang diselenggarakan selama 2 ( dua ) hari tanggal 4/03/2016 s.d 05/03/2016 berlokasi di TWSl sebagai medianya dengan melibatkan 5 ( lima ) peserta ecomapping sebagai percobaan rally ini yang mempunyai tujuan menyebarkan pesan penghematan energy dan juga 3R kepada masyarakat secara umum dengan cara yang menyenangkan dan partisipatif. Oleh karena itu, sebagai salah satu tahapan pengembangan waste and energy rally, uji coba perlu diselenggarakan dengan tujuan : mencari bentuk permainan pendidikan untuk isu sampah dan energy yang sesuai dengan kondisi Kota Probolinggo; Menyesuaikan pertanyaan dari aktifitas terkait isu sampah dan energy dengan kondisi kaum muda Kota Probolinggo serta mengidentifikasi input untuk dokumen final waste and energy rally.

Rally Lingkungan Limbah dan Energi

Adapun konsep kegiatannya yakni permainan pendidikan untuk isu sampah dan energy dikonsepkan atas beberapa station learning dimana pada station learning tersebut akan terdapat kegiatan seperti kuis, permainan dan kegiatan kreatifitas yang lainnya. Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam kegiatan rally energy yakni : peserta rally sebanyak 25 ( dua puluh lima) peserta, disarankan peserta adalah murid dari sekolah ( SMP dan SMU/SMK) yang merupakan sekolah binaan TWSL dalam menerapkan proses ecomapping; guru pendamping masing-masing sekolah, staf TWSl, Spidol dan Peta TWSL.

5 ( lima ) peserta untuk kegiatan uji coba waste and energy rally diantaranya perwakilan dari SMAN 2 Kota Probolinggo; SMAN 4 Kota Probolinggo, SMPN 7 Kota Probolinggo; SMPN 10 Kota Probolinggo dan SMPN 4 Kota Probolinggo. (MH)