PS-WLB (Paket Studi Wisata Lingkungan dan Budaya)

TENTANG PS-WLB

PS-WLB (Paket Studi Wisata Lingkungan & Budaya) merupakan wahana pendidikan lingkungan hidup bagi siswa sekolah yang dikemas dalam bentuk kegiatan/acara wisata sehingga selain bermanfaat sebagai sarana refreshing/penyegaran, para siswa juga akan mendapat banyak pengetahuan mengenai lingkungan dan budaya. Motto dari kegiatan ini adalah “Profesionalisme (Profesional), Sustainable (Berkelanjutan), Wish For (Keingintahuan Yang Besar), Learning By Doing (Lakukan Pembelajaran) & Behaviour/Brain (Berkepribadian/Berkualitas)”.

TUJUAN PS-WLB

PS-WLB (Paket Studi Wisata Lingkungan & Budaya) bertujuan selain untuk meningkatkan pelayanan informasi mengenai lingkungan hidup juga untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Kota Probolinggo terkemas dalam satu paket studi wisata lingkungan dan budaya.

PESERTA PS-WLB

PS-WLB (Paket Studi Wisata Lingkungan & Budaya) dapat diikuti oleh siswa sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP dan SMA dengan jumlah maksimal +30 orang untuk 1 kali kunjungan.

PELAKSANAAN PS-WLB

PS-WLB (Paket Studi Wisata Lingkungan & Budaya) dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Sabtu dengan durasi waktu maksimal 3 jam, dimulai dari pukul 08.00 s/d 11.00 WIB. Tarif wisata untuk siswa usia 0 – 12 tahun : Rp. 2.000, sedangkan untuk siswa dengan usia diatas 12 tahun : Rp. 3.000. Sarana transportasi ke setiap lokasi kunjungan ada beberapa alternatif yaitu Kereta Kelinci, Becak Wisata, Dokar Wisata dll., dimana biaya transportasi tersebut ditanggung oleh peserta.

PAKET WISATA UTAMA

  1. Paket Bayuangga 1 (Studi Wisata ke Komposting, TPA, Laboratorium Lingkungan, TWSL, Museum)
  2. Paket Bayuangga 2 (Studi Wisata ke Komposting, TPA, Laboratorium Lingkungan, TWSL, Museum dan Pelabuhan)
  3. Paket Bayuangga 3 (Studi Wisata ke Komposting, TPA, Laboratorium Lingkungan, TWSL, Museum dan Mangrove atau Pilihan**

PAKET WISATA PILIHAN

  1. RTHKP Kedopok : mempelajari pembibitan tanaman yang sudah jarang ditemui (tanaman duwet, anggur dan mangga langka).
  2. Etalase Pertanian Disperta : mempelajari perkembang-biakan tanaman.
  3. Pelabuhan : mempelajari keanekaragaaman di laut serta Tempat Pelelangan Ikan (TPI)
  4. Sekolah Adiwiyata (SMAN 2, SMKN 1, SMPN 4, SDN Ma-ngunharjo 6 dan SDN Sukabumi 6) : mempelajari penge-lolaan lingkungan sekolah.
  5. Masjid Tiban : wisata religi dan sejarah
  6. Kampung Seni : belajar seni tari, teater, puisi, lukis dll.