PROBOLINGGO, Kamis (4/11)– Tim Teknis Penilaian Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo tahun 2021, melakukan penilaian
di Lima Kelurahan tersebut pertama, Kelurahan Mayangan Rw.1 dan Rw.2 Kecamatan Mayangan, kedua, Kelurahan Jrebeng Kulon Rw.1 dan Rw. 3 Kecamatan Kedopok. ketiga, Kelurahan Kebonsari Kulon Rw. 3 dan Rw.17 Kecamatan Kanigaran keempat, Kelurahan Jrebeng Kidul Rw. 1 dan Rw. 3 Kecamatan Wonoasih. Kelima, Kelurahan Kademangan Rw.1 RW.4 Kecamatan Kademangan diharapkan kali ini dapat memenuhi kriteria dan mampu lolos Berseri tingkat Kota Probolinggo pada Program Kelurahan Berseri DLH Kota Probolinggo.
Tim juri Penilaian Berseri yakni Komtari Kehati, Papesa dan Dispertahankan . Didampingi Kabid Pengedalian Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup, Kasie Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim dan Staf Bidang P2KLH DLH Kota Probolinggo.
Lebih lanjut Tim Penilai berseri menuturkan, dalam Program Kelurahan Berseri sedikitnya point komponen dasar yang harus didukung oleh peran aktif masyarakat bersama Lurah Yakni masyarakat sudah bisa pilah sampah, mengurangi sampah organik melalui komposter untuk pengelolaan sampah basah sisa makanan, daun dll, Bank sampah untuk pengelolaan sampah yang bernilai ekonomis yang diharapkan ada di masing-masing RW, Kader yang aktif, inovasi lingkungan serta penataan penghijauan tanaman di setiap gang dan tidak membakar sampah hasil kerja bakti.