Penilaian Adipura Tahun 2016

Program Adipura merupakan salah satu program strategis Kementerian Lingkungan Hidup yang mempunyai maksud dan tujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Tata Kelola Lingkungan yang baik (Good Environment Governance). Adipura sebenarnya digunakan sebagai alat untuk mendorong motivasi aparat pemerintah dan masyarakat untuk meperbaiki dan meningkatkan kondisi kebersihan lingkungan di Indonesia.

Penilaian Adipura Tahun 2016

Pada hari Kamis s.d hari Jum’at tanggal 17-18 Maret 2016 Kota Probolinggo dilakukan Penilaian ADIPURA tingkat Kota Sedang, yang mana Tim Penilai dari LSM, BLH Provinsi, PPEJ. Penilaian Adipura terdiri dari beberapa kawasan diantara : Perkantoran, Sekolah, Pemukiman, Bank Sampah, Jalan Arteri/Kolektor, TPA, RTH, Terminal, Pertokoan, Stasiun KA, Pasar, Rumah Sakit, Puskesmas.

Jika nanti Kota Probolinggo Penilaiannya masuk dalam 10 besar maka tidak menutup kemungkinan Kota Probolinggo akan di verifikasi lagi (PV) oleh kementerian dan maju ke Penilaian Adipura Kencana serta nantinya akan diadakan paparan Kepala Daerah.

Jenis Penghargaan Adipura Tahun 2016 diantaranya : Anugerah Adipura Kencana, Anugerah Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura. (MH)