Penilaian Adipura Tahap I (P1) Kota Probolinggo Tahun 2017

Penilaian Adipura merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tim dari Provinsi Jawa Timur, Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dalam rangka menilai kondisi lingkungan yang menjadi lokasi titik pantau dengan tahapan Penilaian Tahap I (P1).

Penilaian adipura pada dasarnya terdiri dari dua komponen, yaitu fisik dan non fisik. Penilaian terhadap komponen fisik berfokus kepada kinerja Pemerintah Daerah dalam menyediakan, menjaga kebersihan dan keteduhan fasilitas publik, perumahan, sekolah, sungai, sistem drainase, fasilitas kebersihan/ TPST dan lokasi-lokasi wisata. Komponen nonfisik mencakup penilaian terhadap institusi, managemen dan daya tanggap pemerintah daerah dalam pengelolahan lingkungan perkotaan.

Penilaian Adipura Tahap I (P1) Kota Probolinggo Tahun 2017

Hasil penilaian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara nilai fisik dan non-fisik dari suatu perkotaan, atau dengan kata lain kriteria penilaian yang digunakan dalam program adipura dapat membuktikan bahwa Kota yang mempunyai fasillitas fisik yang baik selalu ditunjang oleh institusi managemen dan daya tanggap pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah menuju Kota yang bersih, teduh, nyaman dan mutu kualitas air dan udara terjaga secara berkelanjutan. Kegiatan Program Adipura dilaksanakan di Kota Probolinggo dengan kategori Kota sedang, yang menjadi lokasi titik pantau Adipura sebanyak ±42 lokasi titik pantau Adipura. Pelaksanaan penilaian Adipura Tahap I (P1) Kota Probolinggo, pada hari selasa, tanggal 21 November tahun 2017.

Penilaian Adipura Tahap I (P1) Kota Probolinggo Tahun 2017