Pelatihan Pembuatan Kompos Di TPST Al-Huda

Senin 28 Nopember 2016 kemarin, Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo melalui UPT. Pengolahan Sampah dan Limbah (PSL) telah melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pembuatan Kompos. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Ungup – ungup Jl. Gubernur Suryo, dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah terutama sampah organik
  • Memberikan wawasan dan praktek tentang tata cara pembuatan pupuk kompos yang berasal dari sampah organik
  • Menerapkan pola prilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar melalui pemilahan sampah organik

Pelatihan Pembuatan Kompos Di TPST Al-Huda

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 100 orang tersebut dibuka oleh Kepala Bidang P3KLH BLH Kota Probolinggo yaitu Ibu Dwi Agustin Pudji Rahaju, SP, M.Si. Sedangkan sesi penyampaian materi diisi oleh Bapak Sukardi selaku Ketua TPST AL-HUDA Curahgrinting. Dalam pemaparannya belia menyampaikan bahwa pengolahan pupuk organik dapat dilakukan melalui proses pelapukan secara alami maupun proses fermentasi, sedangkan manfaat besar yang bisa didapat dari pupuk organik antara lain yaitu Sebagai sumber makanan bagi mikroorganisme tanah, Memperbaiki sifat fisik tanah (tekstur dan struktur tanah), Memperbaiki permeabilitas tanah (sirkulasi tanah), Menambah unsur hara tanah (makro maupun mikro) serta Memperbaiki daya penyerapan dan penyimpanan air pada tanah.

Pelatihan Pembuatan Kompos Di TPST Al-Huda

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dengan hasil atau kesimpulan yang didapat yaitu bahwa penggunaan pupuk organik adalah pendukung bagi terwujudnya pertanian organik. Selain mengelola sampah menjadi kompos berbentuk serbuk, sebagai upaya untuk memenuhi permintaan konsumen UPT. Pengolahan Sampah dan Limbah juga telah melakukan pengembangan dalam proses pengolahan kompos yakni pembuatan kompos dalam bentuk granul yang terdiri dari tiga macam yaitu Granul Hitam (Organik), Granul Biru (Semi Organik) dan Granul Merah (Semi Organik).