Kini Kota Probolinggo Punya Kader Penggerak Lingkungan

Kini Kota Probolinggo Punya Kader Penggerak Lingkungan

Mengingat bahwa upaya pengelolaan lingkungan adalah merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat, pemerintah dan swasta maka Tanggal 13 Januari 2017 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo melalui Bidang P2KLH telah mengadakan kegiatan Sosialisasi Lingkungan yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Kader Penggerak Lingkungan (KPL) Tingkat Kota sampai dengan Tingkat Kelurahan.

Dasar pelaksanaan kegiatan pembentukan Kader Penggerak Lingkungan adalah amanat Undang-Undang No 32 tahun 2009 Pasal 70 bahwa Masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dari pembentukan Kader Penggerak Lingungan (KPL) adalah untuk mempersiapkan insan-insan pelopor dan penggerak dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan yang sanggup berperan aktif bersama pemerintah untuk mewujudkan masyarakat sadar lingkungan, serta dapat merubah perilaku, sikap dan cara berfikir positif masyarakat di sekitar tempat mereka tinggal terhadap pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Diharapkan nantinya para kader lingkungan dapat turun langsung, mengajak dan mengajari masyarakat di sekitar tempat mereka tinggal untuk bersama-sama menata, mengelola dan mengubah lingkungan menjadi lebih baik lagi. Secara sederhana mungkin dapat dimulai dengan mengumpulkan perwakilan kader lingkungan di lingkup RT, kemudian menyampaikan dan menularkan ilmu-ilmu yang mereka dapat, semisal dalam hal pemilahan sampah dan penghijauan. Masyarakat dapat diajak mengelola sampah rumah tangga, yang dimulai dari memilah sampah, dimana sampah basah dan kering dipisahkan. Sampah basah dibuat kompos, sampah kering diolah lagi menjadi barang bermanfaat. Dalam waktu bersamaan, lingkungan juga dibuat lebih hijau, rumah-rumah ditanami berbagai tanaman hias.