Kerjasama Rencana Aksi Perubahan Iklim Bersama PAKLIM-GIZ

RENCANA AKSI PERUBAHAN IKLIM

adalah kegiatan kerjasama antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan PAKLIM (Program Advis Kebijakan untuk Lingkungan Hidup & Perubahan Iklim) – GIZ, untuk mengidentifikasi Profil Resiko dan merumuskan Rencana Aksi Terpadu yang meliputi upaya adaptasi dan antisipasi Kota Probolinggo terhadap perubahan iklim.

TUJUAN RENCANA AKSI PERUBAHAN IKLIM

kegiatan kerjasama Rencana Aksi Perubahan Iklim adalah untuk memperkirakan berbagai dampak dan resiko yang mungkin timbul terhadap prioritas-prioritas pembangunan kota akibat adanya perubahan iklim dan untuk merencanakan serta mengambil langkah-langkah yang efektif dan terpadu dalam mengantisipasi resiko yang ada.

RANGKAIAN KERJASAMA RENCANA AKSI PERUBAHAN IKLIM

Rangkaian Pelaksanaan Kegiatan Rencana Aksi Perubahan Iklim yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Probolinggo dengan PAKLIM-GIZ adalah:

  1. 15-06-2010: Lokakarya Kesiapan Menghadapi Perubahan Iklim.
  2. 19-01-2011: Pengenalan dan Pengelolaan Dampak Perubahan Iklim dalam Pembangunan Kota Probolinggo
  3. 08-03-2011: Kegiatan Analisa Prioritas Pengaruh Perubahan Iklim di Kota Probolinggo.
  4. 07-04-2011: Lokakarya Penyusunan Program/Kegiatan Alternatif Bagi Peningkatan Kapasitas Beradaptasi Masyarakat Kota Probolinggo.
  5. 10-05-2011: Lokakarya Mitigasi Perubahan Iklim Kota Probolinggo (Penyusunan Profil Gas Rumah Kaca & Pengembangan Rencana Aksi).
  6. 11-05-2011: Pertemuan Komite Pengarah dan Teknis Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan Kota Probolinggo serta Peresmian Kantor Sekretariat Komite Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan.
  7. 06-05-2012: Lokakarya Integrasi Perubahan Iklim Kota Probolinggo.
  8. 13-06-2012: Penandatanganan MOU.
  9. 12-07-2012: Penyelenggaraan Konsultasi Publik bertajuk Strategi Iklim Terpadu Kota (ICCS – Integrated City Climate Strategy) yang diikuti oleh lebih dari 70 representasi dari Pemerintah, Masyarakat, Swasta, PKK, Universitas, dan Asosiasi Professional.
  10. 10-10-2012: Workshop Mewujudkan Kota Probolinggo sebagai Kota Berketahanan Terhadap Perubahan Iklim.

HASIL KERJASAMA RENCANA AKSI PERUBAHAN IKLIM

Kerjasama antara Pemerintah Kota Probolinggo dan PAKLIM-GIZ dalam Kegiatan Rencana Aksi Perubahan Iklim menghasilkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Terbentuknya platform kerjasama dalam menghadapi dan mengantisipasi dampak perubahan iklim
  2. Teridentifikasinya dampak fenomena perubahan iklim yang terjadi di Kota Probolinggo, yaitu antara lain : Banjir, Banjir Rob, DBD, Diare, ISPA, Angin Puting Beliung dan Gagal Panen Akibat Penyakit Tanaman
  3. Tersusunnya Profile Resiko, terumuskan dan tersosialisasikannya Rencana Aksi Menghadapi Perubahan Iklim.
  4. Tersusunnya srategi kota yang terpadu dalam perubahan iklim yang mencakup strategi menyeluruh tentang adaptasi dan mitigasi, serta terintegrasinnya dalam rencana pembangunan Kota Probolinggo.