Kepedulian Lingkungan  Paguyuban Abang Becak “Bestari“

Paguyuban Abang Becak “Bestari“ Kota Probolinggo terbentuk Tahun 2011, dimana pada tahun 2012 diadakan Rembug Gawe Abang Becak dengan tema Kujaga, Kurawat Kota Probolinggo (K3- Pro). Untuk menciptakan lingkungan probolinggo yang BESTARI (Bersih, Sehat, Tertib, Aman, Rapi dan Indah), bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja tapi tanggung jawab dari semua elemen antara lain Pemerintah, Dunia usaha, dan Masyarakat. Salah satu Mitra DLH Kota Probolinggo, yang sangat membantu dalam menciptakan lingkungan BESTARI adalah Paguyuban Abang Becak “BESTARI“ dengan keberadaan Paguyuban Abang Becak dengan jumlah anggota sekitar 2.250 orang, sangat berpotensi membantu dalam pengelolaan lingkungan di Kota Probolinggo.

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan dan Kepedulian Lingkungan Paguyuban Abang Becak “Bestari“ tahun 2017, dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 21 november tahun 2017, bertempat di Aula TPA Kota Probolinggo jalan Anggrek no.15 Kota Probolinggo, jumlah peserta sosialisasi sebanyak 50 (lima puluh) orang Abang Becak, dengan narasumber Ibu Lina Purwanidia, ST (DLH Kota Probolinggo).

Maksud dan Tujuan Sosialisasi Abang Becak adalah:

  1. Memberikan wawasan dan pemahaman tentang pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan
  2. Sebagai media komunikasi, edukasi, dan transformasi wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan hidup.
  3. Sebagai upaya membangkitkan dan menggelorakan semangat sadar dan peduli terhadap pengelolaan lingkungan terhadap Paguyuban Abang Becak “BESTARI“
  4. Sebagai upaya meningkatkan peran Paguyuban Abang Becak dalam mewujudkan Probolinggo “BESTARI“

Partisipasi Abang Becak dalam menjaga kebersihan Kota Probolinggo :

  1. Menyediakan tempat sampah di setiap becak masing – masing.
  2. Peduli dan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar janggolan.
  3. Menjaga kebersihan taman kota.
  4. Saling mengingatkan para Abang Becak dan para pelanggan mereka untuk menjaga kebersihan jalan.