Kejar Adipura Ke-11, Walikota Paparkan Inovasi Kota Probolinggo

Probolinggo – Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini , S.H, M.Si mempresentasikan Program Adipura Kota Probolinggo ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Selasa (06/06/2017). Presentasi itu digelar di The Sultan Hotel Gatot Subroto Jakarta Pusat di hadapan DPAN (Dewan Pertimbangan Adipura Nasional).

Kejar Adipura Ke-11, Walikota Paparkan Inovasi Kota Probolinggo

Dalam presentasinya, Walikota menyampaikan visi dan misi dalam mendukung Program Adipura diantaranya Geo-strategis, Visi dan Misi Kota Probolinggo serta Kebijakan di Bidang Lingkungan Hidup. Lewat gambaran umum, Walikota memaparkan bahwa inovasi pengelolaan lingkungan hidup di Kota Probolinggo telah diterapkan kebijakan Peningkatan investasi dan daya saing Kota Probolinggo dengan mengembangkan industri, IKM / UKM, Perdagangan yang ramah lingkungan. “Selain itu tentang program lingkungan hidup melalui car free day, bike to work, pemanfaatan gas metan TPA, gas metan dari Limbah Tahu Proma dan sumber baru yang sudah dimanfaatkan sebanyak 98 KK, pembentukan bank sampah di tiap kelurahan, arisan jamban dan pemanfaatan ruang terbuka hijau,” katanya. Presentasi ini dilakukan oleh ibu Walikota Probolinggo sebagai salah satu rangkaian persyaratan yang wajib dilakukan oleh Kepala Daerah untuk memperoleh atau mempertahankan Piala Anugerah Adipura.

Sementara itu, Ketua Tim DPAN, Nabiel Makarim, MPA. MPM, tertarik atas pemaparan Walikota terutama arisan jamban (Si INOL Aja) yang dilaksanakan pemerintah Kota Probolinggo serta tentang manajemen operasional persampahan Kota Probolinggo yang sudah berjalan dengan baik, disamping Kota Probolinggo memiliki inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup yaitu pemanfaatan limbah tahu menjadi gas metan dan gas metan yang dihasilkan oleh TPA dalam bentuk tabung elpiji untuk bahan bakar kompor bagi masyarakat secara gratis.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Probolinggo dr. Bambang Agus Suwignyo, MM. Kes bersama Kepala DLH Pemkot Probolinggo, Drs. Tutang Heru Aribowo, M.Si dan beberapa kepala satker yang terkait dalam acara presentasi program Adipura di depan DPAN. Pada kesempatan tersebut Walikota Probolinggo, Hj. Rukmini, S.H, M.Si bertekad mempertahankan Anugerah Piala Adipura insyaAllah yang kesebelas pada tahun 2017.