KB2S2 (Kita Bersama Bersihkan Sampah Saluran)

KEGIATAN KB2S2

Kegiatan KB2S2 (Kita Bersama Bersihkan Sampah Saluran) merupakan rangkaian dari Kegiatan Gemas Darling ’13 (Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan 2013), bentuk dari kegiatan KB2S2 ini adalah berupa kegiatan kerja bhakti pembersihan sampah dan gulma pada saluran-saluran terbuka.

TUJUAN KEGIATAN KB2S2

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan KB2S2 (Kita Bersama Bersihkan Sampah Saluran) selain untuk memperingati Hari Sampah yang jatuh pada tanggal 21 Februari juga sebagai upaya menormalisasikan fungsi sungai serta sebagai wujud kepedulian bersama untuk turut serta dalam upaya menjaga kelestarian sumber daya air.

PELAKSANAAN KEGIATAN KB2S2

Kegiatan KB2S2 (Kita Bersama Bersihkan Sampah Saluran) dilaksanakan pada hari Sabtu pagi tanggal 2 Maret 2013 pukul 05.30 WIB, diawali dengan apel KB2S2 yang dipimpin oleh Walikota H.M. Buchori di lapangan Perumahan Bromo Kelurahan Ketapang, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih-bersih sampah dan gulma pada saluran-saluran air PESERTA Kegiatan KB2S2 adalah karyawan/karyawati seluruh SKPD di lingkungan pemerintah Kota Probolinggo, Batalyon Zipur, Kodim 0820, Polres Probolinggo Kota, Staf Kelurahan Ketapang, Staf Kelurahan Triwung Lor, serta anggota komunitas sepeda Zoek Mbloezoek.

MANFAAT KEGIATAN KB2S2

  1. Berkurangnya kebiasaan masyarakat membuang sampah di saluran air
  2. Berkurangnya sumbatan sampah pada saluran air yang berakibat pada terjadinya banjir
  3. Mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli kebersihan lingkungan
  4. Meningkatkan kualitas air sungai
  5. Mempererat keharmonisan antara pemerintah,masyarakat, komunitas lingkungan dan TNI/Polri.