Inovasi Kerajinan Daur Ulang Ban Bekas RW. 1 Wiroborang

Rabu (17/06/20), Ban bekas yang selama ini tidak memiliki nilai manfaat namun di tangan pemuda peduli lingkungan di lokasi Proklim RW 01 tepatnya di Kelurahan Wiroborang Kota Probolinggo menjadi Bak Sampah, Pot Bunga dan Meja Kursi cantik yang bernilai guna.

Dengan teknik daur ulang dari ban bekas dari kendaraan sehingga berbentuk kerajinan bermacam produk dan dapat dimanfaatkan untuk tempat sampah terpilah maupun tempat duduk-kursi dan Pot bunga yang dijamin kuat dan aman.

Ditemui di lokasi kerjanya, Rabu pagi Rohim, pemuda peduli lingkungan di Wiroborang yang menjadi penggiat ide dan penggerak usaha kerajinan daur ulang.

Ia menyatakan, ide awal dari usaha ini adalah dari banyaknya ban bekas yang menumpuk di lingkungan warga, sehingga mengganggu kenyamanan lingkungan dan berpotensi menjadi sarang nyamuk.

“Awalnya kita jual saja ke pengepul, berhubung permintaannya tidak tentu, akhirnya tercetus ide menjadikan ban bekas ini menjadi produk kreatif berupa Tempat sampah, Pot Bunga dan meja-kursi,” ujarnya sambil membuat kerajinan Daur Ulang.

Setelah dibalik, ban bekas disusun sehingga terbentuk rupa Bak Sampah, Pot Bunga atau Meja-Kursi. Untuk mempercantik, ban dicat warna-warni dan dilukis berbentuk motif kembang atau lainnya pada bagian akhir.

Harapannya, agar produk kreatif ini dapat tersebar luas dan mendukung program Pemerintah Kota Probolinggo dalam menanggulangi timbunan sampah.(Slamet)

Inovasi Kerajinan Daur Ulang Ban Bekas RW. 1 Wiroborang


Inovasi Kerajinan Daur Ulang Ban Bekas RW. 1 Wiroborang