Hemat Energi Cinta Lingkungan

TENTANG HEMAT ENERGI CINTA LINGKUNGAN

adalah kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman bahwa masyarakat berperan besar dalam upaya konservasi energi, dimana penyelamatan energi bisa dimulai dengan hal-hal kecil salah satunya adalah hemat listrik dan air. Dalam kegiatan yang dilaksanakan tanggal 16 Pebruari 2012 bertempat di Sabha Bina Praja Kantor Walikota tersebut juga turut disosialisasikan mengenai terbentuknya Gugus Tugas Hemat Energi dan keluarnya Instruksi Walikota Probolinggo No. 188.55/4/INST/425.012/2011 Tentang Penghematan Energi dan Air serta Pengelolaan Lingkungan Hidup.

PEMBENTUKAN GUGUS TUGAS HEMAT ENERGI

Gugus Tugas Hemat Energi, Air serta Pengelolaan Lingkungan Hidup dibentuk mengingat salah satu permasalahan utama energi di Indonesia saat ini adalah kelangkaan energi sebagai akibat dari bertambahnya penduduk dan kenaikan pemakaian energi per kapita, sementara energi yang tersedia untuk dimanfaatkan jumlahnya sangat terbatas.

DESKRIPSI TUGAS GUGUS TUGAS HEMAT ENERGI

Gugus Tugas Hemat Energi, Air serta Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah sebagai berikut :

  1. Mengupayakan pemakaian / pemanfaatan teknologi hemat energi dan tepat guna untuk pengelolaan persampahan dan air limbah.
  2. Mengalokasikan dana untuk pelaksanaan penghematan energi dan air serta pengelolaan lingkungan hidup.
  3. Mengupayakan diversifikasi energi seperti energi surya dan angin serta budaya pemilahan dan pemanfaatan sampah sebagai sumberdaya yang bernilai ekonomi.
  4. Melakukan sosialisasi dan motivasi (reward dan punishment) kepada seluruh karyawan untuk mendukung penghematan energi dan air serta pengelolaan lingkungan hidup, sehingga terciptanya budaya kerja hemat, bersih dan sehat.
  5. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program penghematan energi dan air serta pengelolaan lingkungan hidup di seluruh SKPD di jajaran Pemerintah Kota Probolinggo;
  6. Melakukan evaluasi setiap bulan terhadap pelaksanaan program penghematan energi dan air serta pengelolaan lingkungan hidup.
  7. Melaporkan hasil pelaksanaan Program Penghematan Energi dan Air setiap 3 (tiga) bulan dan Program Pengelolaan Lingkungan Hidup setiap 6 (enam) bulan kepada Walikota melalui Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo.