Festival Lingkungan Hidup 2015

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2015 dengan mengamil tema “ Seven Billion Dreams One Planet Consume With Care “. Tema ini mempunyai maksud perubahan pola konsumsi manusia terhadap sumber daya di bumi diperlukan pola hidup dan konsumsi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Segala kegiatan konsumsi dan produksi tetap memperhitungkan keberlangsungan sumber daya alam dan dampak lingkungan. Sehingga bumi akan tetap menjadi sebuah planet yang nyaman dan sehat untuk dihuni oleh manusia dan anak cucunya.

Untuk meneruskan isi pesan dari tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia kepada masyarakat Probolinggo, Badan Lingkungan Hidup Kota Probolinggo mengadakan Festifal lingkungan selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 11 s.d 13 Agustus 2015 bertempat di Gedung Islamic Center, Jl. Basuki Rahmat Kota Probolinggo. Pelaksanaan festifal lingkungan ini harus dibuat seoptimal mungkin agar masyarakat tertarik dan mengerti makna dari terselenggaranya festifal ini ujar Kepala BLH, Drs. Tutang Heru Aribowo, M.Si saat ditemui redaksi AKAR seusai Apel pagi. Pria kelahiran tahun 1966 ini juga menegaskan bahwa rangkaian untuk mengisi pelaksanaan festival lingkungan tersebut harus inovatif dan kental dengan budaya lingkungan sehingga masyarakat yang menikmati festifal tersebut saat berkunjung menjadi terkesan dan mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai lingkungan.

Festifal lingkungan ini nantinya juga akan menggadeng sekolah yang sudah adiwiyata, kelompok masyarakat, LSM , pemerhati lingkungan, dll untuk turut ambil bagian dalam memeriahkannya, akan ada beberapa kegiatan selama 3 ( tiga ) hari berlangsung diantaranya lomba motivator, sosialisasi lingkungan, pameran daur ulang, fashion show daur ulang, lomba karya daur ulang, cerdas cermat, dls.

Juri yang diambil untuk menilai dari setiap lomba hampir 80 % diambilkan dari intern karyawan-karyawati BLH sendiri terutama tenaga funrgsional tertentu, hal ini dilakukan agar hasil penilaiannya netral tidak ada unsur memihak dan sentimen antara satu dengan yang lain. (MH)