DLH Gelar Sosialisasi Penguatan Lingkungan Dan Persiapan P1 Adipura Tahun 2017

Dalam rangka penguatan lingkungan hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo menggelar Sosialisasi Penguatan Lingkungan Hidup Dan Pembinaan Persiapan Penilaian Adipura Tahap I (P1) Tahun 2017. Sosialisasi berlangsung di Hall Hotel and Resto Bromo View, Kamis pagi 26 Oktober 2017.

Walikota, Hj. Rukmini, SH, MH di dampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan membuka secara resmi acara yang dihadiri oleh peserta antara lain SKPD yang menjadi titik pantau, para Camat, Lurah, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas, CSR, Tokoh Masyarakat serta pemerhati lingungan. Ibu Walikota Probolinggo dalam sambutannya menekankan semua stakeholder baik pimpinan SKPD, Camat dan Lurah untuk senantiasa melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui sosialisasi yang berkelanjutan agar masyarakat secara bertahap dapat berperilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu masing–masing SKPD juga wajib bertanggung jawab terhadap kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya, untuk mencapai hasil yang optimal perlu segera dilakukan perbaikan pada titik pantau penilaian Adipura dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) yang masih lemah, antara lain area pemukiman, pasar, sekolah, taman kota, bantaran sungai serta menggalakkan program penghijauan di sejumlah ruas jalan, perkantoran dan fasilitas umum yang masih minim sekaligus bersama–sama bangkit membangun Kota Probolinggo untuk lebih baik lagi.

DLH Gelar Sosialisasi Penguatan Lingkungan Dan Persiapan P1 Adipura Tahun 2017

Sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah, Serta guna menyegarkan kembali bahwa pengelolaan sampah dan penataan lingkungan serta pelestarian lingkungan hidup harus terus digalakkan. Lebih dari itu kegiatan ini tidak hanya sekedar bertujuan menyulap sebuah Kota menjadi bersih dan teduh, tapi ada hal yang lebih penting dari semua itu yakni memberi kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar sebagai bagian dari hidup yang berkualitas, demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Tutang Heru Aribowo M.Si.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Dinas Lingkungan Hidup senantiasa mengajak partisipasi dan kepedulian semua pihak untuk berbuat nyata melestarikan lingkungan demi terwujudnya bumi yang bersih dan hijau. Salah satu strateginya adalah dengan program adipura, yang bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota sehat dan bersih (clean and healthy city) dengan menerapkan prinsip-prinsip good governance.

Usai sambutan kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari narasumber yakni Drs. Satrijo Wiwieko, MT dari Kota Mojokerto yang merupakan direktur dari LSM Sahabat Lingkungan. Materi dalam kegiatan sosialisasi secara garis besar yakni Arah Kebijakan Pengelolaan Lingkungan di Kota Probolinggo dan Teknis-teknis Program Pendukung Terlaksananya Program Adipura.

DLH Gelar Sosialisasi Penguatan Lingkungan Dan Persiapan P1 Adipura Tahun 2017

Adapun Hasil yang diperloleh paparan sosialisasi antara lain:

  • Diharapkan kepada Kabupaten /Kota untuk dapatnya mengelola TPA dengan baik dan benar sesuai dengan permen KLHK No. 59 tahun 2016 tentang keberadaan air lindi di TPA.
  • Diharapkan air lindi yang dihasilkan di TPA untuk dilakukan uji Labohratorium setiap bulan.
  • TPA merupakan salah satu penilaian yang mempunyai bobot nilai paling tinggi.
  • Program Adipura memiliki nilai yang penting dan sangat strategis sebagai indikasi pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup.
  • Program Adipura memiliki nilai kampanye publik yang sangat luas bagi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Program Adipura dapat meningkatkan kualitas Kota/Kabupaten masing–masing dalam penanganan permasalahan–permasalahan lingkungan yang timbul.
  • Lokasi titik pantau Adipura diupayakan mempunyai progres yang signifikan baik dalam pengelolaan dan pemilahan sampah.
  • Lokasi yang perlu mendapatkan perhatian diantaranya yaitu Permukiman, Bank Sampah, TPS, Pasar,
  • Pertokoan, Saluran Terbuka, Perkantoran, Jalan, Sekolah, dan Rumah Sakit/Puskesmas.