Diksun Kota Probolinggo Raih First Runner-Up Kompetisi Esai Nasional

Kementrian Pengabdian Masyarakat BEM Universitas Airlangga 2019, adakan Kompetisi Penulisan Esai Airlangga Urban Social Community Awards (AUSCA) merupakan program sebagai upaya untuk mengapresiasi insan yang berperan mengabdi di masyarakat melalui komunitasnya. Lomba Esai Nasional dengan tema “Optimalisasi Peran Generasi Milenial Terhadap Kepedulian Sosial” dengan sub tema (1) Pendidikan, (2) Lingkungan, (3) Kesehatan, (4) Sosial Masyarakat.

Finalis Universitas Gadjah Mada, Born Inflamone Putra – Akuntansi FEB dan Eqia Masdya Yudhistira – THV SV, mempresentasikan esai menggunakan alat peraga presentasi berupa peralatan pemantauan yang didukung oleh UPT Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. Alat peraga tersebut mendukung presentasi di bagian pelaksanaan pemantauan mengenai tingkat pencemaran kualitas air sungai dengan metode biassessment sederhana. Esai berjudul “Kepedulian Generasi Muda: Pantau Kualitas Air Sungai dengan Metode Bioassessment Sistem Skoring”.

Diksun Kota Probolinggo Raih First Runner-Up Kompetisi Esai Nasional

Setelah presentasi berlangsung, penetapan hasil juara diumumkan pada penutup rangkaian acara AUSCA 2019, yakni Konser Amal AUSCA 2019 yakni juara 1 diraih oleh Universitas Brawijaya, juara 2 diraih oleh Universitas Gadjah Mada, dan juara 3 diraih oleh Universitas Airlangga.

Diksun Kota Probolinggo Raih First Runner-Up Kompetisi Esai Nasional

Alumnus SMAN 1 Probolinggo, Born Inflamone Putra mengatakan, “Saya juga kader DIKSUN dan pernah melakukan metode ini ketikas SMA. Di sini kami mengelaborasi ilmu lingkungan dan ilmu sosial agar saling melengkapi dan menguatkan diantaranya. Untuk menyelaraskan dengan lomba yang kami ikuti, strategi yang kami gunakan adalah menambahkan dinamika sosial juga terutama di era milenial sekarang ini, ditambah lagi jurnal ilmiah yang mendukung argumentasi di tulisan kami harus diperkuat juga, karena walau bagaimana ini adalah kompetisi ilmiah.”

Penulis: Eqia Masdya Yudhistira, Mahasiswa Departemen Teknologi Hayati dan Veteriner, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada.