ABBS (Ayo Bersepeda Bersihkan Sampah)

Kegiatan ABBS (Ayo Bersepeda Bersihkan Sampah) adalah kegiatan olah raga bersepeda dibarengi dengan aksi bersih-bersih lingkungan yang bertujuan untuk menggugah kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan Kota Probolinggo. Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan Danamon Simpan Pinjam dan sponsor lainnya ini diikuti oleh sekitar 1.500 orang peserta dimana peserta bersama-sama bersepeda melewati rute menuju tempat finish sembari berhenti untuk melaksanakan kegiatan pembersihan pada lokasi-lokasi kerja bhakti yang telah ditentukan.

Peserta ABBS adalah Karyawan-karyawati SKPD Pemerintahan Kota Probolinggo, Pelajar Kota Probolinggo, Masyarakat Umum, Komunitas Bersepeda Zhoek Mblozhoek dan Komunitas Bersepeda Kosela.

Tujuan Kegiatan ABBS adalah: Peserta ABBS diharapkan dapat mengenali bagaimana kondisi kebersihan lingkungan kotanya, Peserta ABBS diharapkan dapat tergugah untuk peduli yaitu dengan aksi langsung membersihkan lingkungan kotanya, Terjalin kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah kota dalam mewujudkan lingkungan yang bersih serta Munculnya kesadaran masyarakat dalam keberdayaannya mengelola dan melestarikan lingkungan sehingga terwujudnya Probolinggo bersih, hijau dan lestari.

Kegiatan ABBS dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Desember 2010 mulai pukul 05.30 wib s/d selesai, dengan tempat start dan finish berlokasi di Aloon – Aloon Kota Probolinggo.

Biaya pendaftaran bagi peserta sebesar Rp. 2.000,- (dua ribu rupiah) untuk peserta kategori umum dan Rp. 1.000,- (seribu rupiah) untuk peserta kategori pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar.

Rute Kegiatan ABBS melewati beberapa ruas jalan yaitu Jl. KH. Mansyur – Jl. Dr. Moch Saleh – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Pahlawan – Jl. Cokroaminoto – Jl. Slamet Riyadi – Jl. KH Dewantoro – Jl. Kapuas – Jl. Brantas – Jl. Anggrek – Jl. Tongkol – Jl. Lingkar Utara – Jl. A. Yani dan Aloon-aloon. Diantara rute yang dilalui ada 3 titik/lokasi yang peserta diharuskan melakukan kerja bakti yakni Jl. Anggrek, Jl. Ikan Tongkol dan Jl. Lingkar Utara.