ABBL (Ayo Bersih-Bersih Lingkungan)

ABBL (Ayo Bersih-Bersih Lingkungan) adalah gerakan yang melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk melaksanakan kegiatan kerja bhakti dengan prioritas utama lingkungan RT/RW, saluran pembuangan air (got), saluran terbuka dan tempat-tempat yang rawan terjadi penimbunan sampah liar.

Tema dari kegiatan ini adalah “Membangun Kebersamaan Untuk Kebersihan Lingkungan”.

Sasaran ABBL adalah lingkungan RT/RW, Perumahan, TPS Liar, Sekolah, Kantor Pemerintah/Swasta, Perusahaan, Pondok Pesantren, Pasar, Terminal, Alon-alon dan Fasilitas Umum lainnya.

Peserta ABBL meliputi masyarakat di lingkungan RT/RW, Siswa Sekolah, Instansi Pemerintah dan Swasta, Anggota TNI/Polri, PKK/Dharma Wanita, Organisasi Pemuda, Kemasyarakatan, Sosial, Politik dan Keagamaan.

Pelaksanaan ABBL oleh Warga Masyarakat, Sekolah, Lembaga / Organisasi Kemasyarakatan dan Swasta dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Minggu dengan didukung Personil Satgasus Kebersihan dan Petugas Angkutan Sampah dari Bidang P2DPL untuk pengangkutan sampah hasil kegiatan kerja bhakti. Sedangkan pelaksanaan ABBL oleh Karyawan / Karyawati SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis.

Tujuan ABBL adalah meningkatkan rasa kebersamaan dan menumbuhkembangkan kepedulian dalam penanganan kebersihan dan keindahan lingkungan serta untuk mendukung upaya Pemerintah Kota Probolinggo dalam mewujudkan kota tujuan investasi yang prospektif, kondusif dan partisipatif.

Sosialisasi ABBL dilaksanakan melalui berbagai media : Melalui Harian Pagi Jawa Pos ”Radar Bromo”, masyarakat berkesempatan untuk menginformasikan kegiatan ABBL yang mereka laksanakan dilingkungan mereka dengan imbalan 50 eksemplar koran gratis bagi masyarakat yang kegiatan ABBL-nya dimuat di koran. Hal ini sebagai upaya untuk menggugah dan memberikan rangsangan kepada masyarakat lainnya agar mereka juga ikut tergerak untuk melaksanakan kegiatan ABBL di lingkungan mereka, Melaui Radio ”Suara Kota” dengan secara rutin memutar Jingle Informasi Pelaksanaan Gerakan ABBL dan menyiarkan laporan langsung pelaksanaan ABBL dari beberapa lokasi kegiatan, Melalui pemasangan baliho dan spanduk ABBL di titik/lokasi-lokasi strategis berkerjasama dengan PT. HM Sampoerna serta melalui sosialisasi langsung pelaksanaan Gerakan ABBL kepada masyarakat dengan memanfaatkan Jaringan Forjamansa (Forum JaringanManajemen Sampah)