ABBL (Abang Becak Bersihkan Lingkungan)

ABBL (Abang Becak Bersihkan Lingkungan) adalah kegiatan kerja bhakti melibatkan 1.500 abang becak yang melaksanakan pembersihan/pengambilan sampah dari TPS-TPS Liar untuk ditukar dengan paket sembako. Tema dari kegiatan ini adalah “Abang Becak Bersihkan Lingkungan: Sampah Vs. Sembako”.

PERSIAPAN ABBL ABANG BECAK

  • Maping TPS liar yang akan dijadikan sasaran/lokasi kegiatan kerja bhakti. Dari hasil maping tersebut didapat 3 TPS Liar yaitu TPS Mayangan, TPS Arum Permai dan TPS Jati Sumber.
  • Menggandeng LSM Lembaga Pemberdayaan Komunitas Perkotaan (LPKP) untuk melakukan pendataan dan memberikan sosialisasi kepada para abang becak yang ada di Kota Probolinggo.
  • Membentuk koordinator-koordinator pangkalan abang becak yang memiliki tugas mengkoordinir pembagian kupon, kaos, sak/karung dan menginformasikan teknis pelaksanaaan kegiatan ABBL kepada para anggotanya.
  • Menggalang pengumpulan sembako untuk kegiatan abang becak, sasaran penggalangan bantuan sembako adalah instansi pemerintah/swasta, perusahaan serta masyarakat umum, dengan batas minimal satu paket sembako senilai Rp. 50.000,-/paket (bantuan diserahkan ke panitia dalam bentuk sembako bukan berupa uang).
  • Memuat nama-nama instansi / nama perorangan penyumbang sembako di Harian Jawa Pos ”Radar Bromo”, serta menyiarkannya di radio lokal “Suara Kota” dengan tujuan untuk menggugah partisipasi dari masyarakat lainnya.

PELAKSANAAN ABBL ABANG BECAK

ABBL (Abang Becak Bersihkan Lingkungan) dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 Mei 2007 dimulai pukul 05.30 WIB dimana abang becak mulai membawa becaknya masing-masing menuju TPS-TPS Liar untuk melaksanakan kerja bhakti pembersihan sampah, sampah yang didapat dari hasil kerja bhakti lantas dimasukkan ke dalam karung (setiap abang becak membawa 5 bh karung), kemudian diangkut dengan menggunakan becaknya masing-masing menuju TPA untuk ditukarkan dengan paket sembako. Kegiatan yang juga dihadiri oleh Asdep Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan (Ir.bambang Widyantoro) ini melibatkan 1.500 Abang Becak, 1.500 Paket Sembako dan 7.500 sak sampah hasil kerja bhakti, dengan lokasi sebagai berikut:

  • TPS Mayangan Jl. Ikan Tongkol Kel. Mayangan (287 Abang Becak).
  • TPS Arum Permai Kel. Mangunharjo (358 Abang Becak).
  • TPS Jati Sumber Kel. Sukoharjo (472 Abang Becak).