3R Skala Kawasan

3R SKALA KAWASAN

3R Skala Kawasan adalah fasilitasi sistem pengolahan sampah organik maupun non-organik yang ditempatkan pada kawasan-kawasan perkotaan seperti komplek perumahan, lembaga pendidikan, perkantoran ataupun pertanian, dimana pengelolaannya dapat dilakukan oleh pemerintah maupun dikelola secara mandiri oleh masyarakat. Diharapkan penerapan sistem tersebut dapat memberikan manfaat lebih baik terhadap masyarakat, lingkungan serta dapat mengurangi beban pengelolaan sampah pada TPA.

PELAKSANAAN 3R SKALA KAWASAN

Perintisan 3R skala di Kota Probolinggo dimulai dengan secara aktif melakukan sosialisasi dan pendampingan secara berkelanjutan terhadap penerapan dan pelaksanaan 3R Skala Kawasan pada kawasan-kawasan percontohan, memberikan fasilitas/stimulasi pengolahan sampah untuk Skala Kawasan Kecil dalam bentuk rumah kompos dan mesin pencacah sampah serta memberikan fasilitas/stimulasi pengolahan sampah untuk Skala Kawasan Sekolah berupa komposter aerob dan keranjang takakura.

TUJUAN 3R SKALA KAWASAN

  1. Mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah dengan menanamkan kebiasaan untuk menerapkan 3R mulai dari sumbernya (Rumah Tangga).
  2. Meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan dan penjualan produk-produk hasil kegiatan 3R.
  3. Mengurangi beban TPA Kota Probolinggo terutama berkaitan dengan terbatasnya kapasitas/daya tampung yang dimiliki serta tingginya biaya operasional di tingkat pengelolaan akhir dan mengurangi beban operasional pengangkutan sampah.

LOKASI 3R SKALA KAWASAN

  1. Skala Kawasan Menengah : UPT. Pengolahan Sampah dan Limbah (PSL) Kota Probolinggo dan Unit Pengolahan Sampah Pasar Terpadu.
  2. Skala Kawasan Kecil : Perumahan Asabri, Perumahan Bromo, Perumahan Kopian Barat, Perumahan Sumber Taman Indah, UPT. IPLH, TPST Sumber Taman, TPST Prasaja Mulya, TPST Jrebeng Lor, TPST Kedungasem, TPST Kedung Galeng, TPST Wonoasih.
  3. Skala Kawasan Sekolah : SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4, SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3, SMP Negeri 4, SMP Negeri 10, SD Negeri Ketapang 3, SD Negeri Mangunharjo 6 dan SD Negeri Sumber Wetan 2 Kota Probolinggo.
  4. Skala Kawasan Kelompok Tani : Kelompok Tani Bangau Jaya, Kelompok Tani Pohsangit Kidul dan Kelompok Tani Makmur II.