Pertemuan Rutin PAPESA dan Halal Bihalal Pengurus Bank Sampah Induk Se-Kota Probolinggo

Salah satu upaya Pemerintah Kota Probolinggo untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup adalah menggerakkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kondisi lingkungan permukiman yang Hijau, Bersih dan Indah yang diakomodir melalui Lomba KAHBI (Kampung Hijau, Bersih dan Indah). Melalui Lomba KAHBI (Kampung Hijau, Bersih dan Indah), masyarakat secara sadar diajak untuk menggali potensi sumber daya yang ada di lingkungannya untuk dikelola dengan cara yang ramah lingkungan diharapkan ada perubahan perilaku dalam mengelola lingkungan melalui gerakan peduli lingkungan secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Masyarakat di 29 Kelurahan se-Kota Probolinggo, diharapkan memiliki kreatifitas dan inovasi sesuai potensi daerahnya dalam mengelola lingkungan disekitar permukiman/perumahannya secara mandiri. Sekaligus kegiatan ini mendukung Program BERSERI Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Maksud dan Tujuan dari Lomba KAHBI antara lain:
1. Untuk mendukung Program Adipura khususnya mewujudkan Permukiman/Kampung yang Hijau, Bersih, dan Indah;
2. Sebagai Evaluasi keterlibatan/partisipasi masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup di masing-masing Kelurahan;
3. Menumbuhkan dan membangun masyarakat (RT/RW) yang peduli, berbudaya dan berwawasan lingkungan.
4. Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup di tingkat RT/RW.

Kegiatan Penilaian Lomba KAHBI dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo pada:
Hari : Rabu – Kamis.
Tanggal : 23 – 24 Agustus 2017.
Tempat berkumpul Tim : Lokasi Kampung Hijau, Bersih dan Indah yang diusulkan masing-masing Kelurahan.

Peserta Lomba KAHBI tahun 2017, diikuti oleh 21 Kelurahan Se-Kota Probolinggo, sedangkan kelurahan yang belum mengikuti sebanyak 8 Kelurahan dan Tim Penilai Tingkat Kota Probolinggo meliputi Dinas Pertanian, DLH, Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kota Probolinggo. Proses Penilaian dilaksanakan sejak tanggal 23 Agustus 2017, diawali dengan sosialisasi kepada 29 Kelurahan Se-Kota Probolinggo, secara bertahap dilakukan pendampingan untuk penyusunan Profil dan Data Link oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. Adapun Indikator Penilaian KAHBI terdiri dari Kelembagaan/Partisipasi, Pengelolaan Sampah, Pengelolaan Sumber Daya Alam, Sarana Prasarana Lingkungan dan Sanitasi.
Sebagai Pemenang Lomba Kampung Hijau, bersih dan Indah (KAHBI) adalah:
– Juara I : Kelurahan Pakistaji Kecamatan Wonoasih RT. 2 RW. VII
– Juara II : Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan RT. 6 RW. I
– Juara III : Kelurahan Jrebeng Wetan Kecamatan Kedopok RT. 5 RW. IV

Penyerahan hadiah berupa tropy, uang pembinaan dan sertifikat telah diberikan pada tanggal 4 September 2017, bersamaan dengan upacara Hari Jadi Kota Probolinggo ke 658 di halaman Kantor Walikota Probolinggo, penyerahan hadiah oleh Ibu Walikota Probolinggo. Melalui Lomba KAHBI (Kampung Hijau, Bersih dan Indah) diharapkan terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan sumber daya yang ada di lingkungan (RT/RW) di seluruh wilayah Kota Probolinggo secara berkesinambungan untuk mewujudkan Probolinggo Kota Berketahanan Iklim, Berkelanjutan dan Berdaya Saing.

Pertemuan Rutin PAPESA dan Halal Bihalal Pengurus Bank Sampah Induk Se-Kota Probolinggo

Pertemuan Rutin PAPESA dan Halal Bihalal Pengurus Bank Sampah Induk Se-Kota Probolinggo