Workshop Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Tahun 2019

Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo gelar workshop perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dalam kegiatan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim Tahun 2019 di Aula DLH Kota Probolinggo, Kamis (14/2) yang dihadiri oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penanggungjawab sektor atau bidang sumber emisi.

Acara yang digelar pagi itu, dibuka oleh Kepala Bidang Tapen Heru Margiyanto yang memberikan sambutan bahwa tujuan dari workshop ini sesuai dengan harapan Kepala DLH Budi Krisyanto yang menghendaki adanya kaji ulang disesuaikan dengan Peraturan Gubenur Jawa Timur No. 67 tahun 2012 tentang RAD Gas Rumah Kaca (GRK) Provinsi Jatim dengan target penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) tahun 2020 sebesar 28,73%. “Nanti akan dijelaskan oleh Narasumber berkaitan dengan dasar kita mereview, progresnya bagaimana dan data yang dibutuhkan untuk proyeksi 10 tahun kedepan, jadi mohon diikuti sampai selesai materi dan cara perhitungannya agar acara workshop ini benar-benar memberikan manfaat yang maksimal” ungkapnya.

Workshop Perhitungan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) Tahun 2019

Narasumber Anita Megawati dari Bappeda Provinsi Jawa Timur bidang Infrastruktur dan Kewilayahan menjelaskan bahwa banyak kegiatan yang mendukung pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), misalnya dari sektor transportasi yaitu car free day, bike to work, dll. “Dalam sesi pelatihan perhitungan emisi nanti, untuk masing-masing sektor, tolong diperhatikan dengan sungguh-sungguh agar dalam pelaporan tidak ada kesalahan penghitungan ” jelasnya

Pada Akhir acara, panitia menghimbau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir untuk mendukung kegiatan Lomba Kampung Iklim tingkat nasional, dimana kelurahan Sumbertaman lolos pada tahap ProKlim Utama dan akan mengikuti verifikasi untuk tahap berikutnya yaitu ProKlim Lestari dengan syarat melaksanakan pembinaan ke kampong proklim yang lain di wilayah Kota Probolinggo (Vie).