Sosialisasi Lomba Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi Tahun 2018

Sosialisasi Kelurahan Berseri (Bersih dan Lestari) merupakan salah satu Program Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo, yang merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparatur Kelurahan agar mau dan mampu menumbuh kembangkan potensi kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berprilaku dan berbudaya ramah lingkungan untuk mewujudkan kelurahan yang bersih dan lestari.

Strategi yang diterapkan dalam Program Berseri meliputi strategi bersih dan hijau yaitu menumbuhkan budaya bersih dan kelestarian lingkungan pada masyarakat untuk mencintai lingkungan, strategi lestari yaitu dengan meningkatkan upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup dan perilaku sehat serta strategis.

Komponen dasar Kelurahan Berseri di masing-masing RW yaitu tempat sampah terpilah, pengomposan/komposting, Bank sampah, penataan tanaman jalan, kader/warga yang aktif dan produk 3R unggulan. Dengan indikator penilaian Kelurahan Berseri antara lain Presentasi Lurah, Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam

Dalam paparannya, narasumber Sosialisasi Kelurahan Berseri, Ibu. Lina Purwanidya (Staf Fungsional Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup pada DLH Kota Probolinggo) memaparkan bahwa secara garis besar yang harus dilakukan oleh masing masing kelurahan adalah memastikan tersedianya komponen dasar di masing-masing RW yaitu Tempat Sampah Terpilah, Kegiatan Komposting, Kegiatan Bank sampah, Penataan tanaman jalan, Kader dan warga yang aktif, Program unggulan. Harapan kampung berseri, Aparatur Kelurahan mempunyai kesepahaman yang sama dengan warganya mengenai kepedulian lingkungan hidup, melakukan pengelolaan sampah menuju Zerrowaste (nol sampah). Sehingga semua sampahnya dikelola antara lain melalui kegiatan 3R, komposting dan Bank sampah, warga desa/kelurahan bersedia bersama-sama melaksanakan penataan jalan dan pekarangan melalui penghijauan dan pembenahan lingkungan dan tidak membakar sampah, tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang sampah ke kali, tidak menjadikan dan tidak mendukung terbentuknya tempat sampah liar.

Sosialisasi Lomba Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi Tahun 2018

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan 2 (dua) lokasi yaitu:

  1. Lokasi Kelurahan Pakistaji, Sosialisasi Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi dilaksanakan pada Hari Kamis, Tanggal 22 November 2018, Pukul 08.00 WIB s/d selesai, bertempat di Ruang Pertemuan KRPL RW. 06 Kelurahan Pakistaji Kota Probolinggo, dengan jumlah peserta sosialisasi 50 (lima puluh) orang, RT, RW, Camat Wonoasih, Lurah Pakistaji, kader lingkungan dan DLH.
  2. Lokasi Kelurahan Sukoharjo, Sosialisasi Kelurahan Berseri Tingkat Provinsi dilaksanakan pada Hari Kamis, Tanggal 22 November 2018, Pukul 12.30 WIB s/d selesai, berempat di Ruang Taman Indria Gg. Rejo Kelurahan Sukoharjo Jl. KH. Hasan Genggong Kota Probolinggo, dengan jumlah peserta sosialisasi 50 (lima puluh) orang, RT, RW, Camat Kanigaran, Lurah Sukoharjo, dan kader lingkungan.