DLH Ajak Mitra Lingkungan Kunjungi Kampung Ekologi Temas Dan Desa Wisata Hijau Pujon Kidul

Studi Banding bersama Mitra DLH, Kader Lingkungan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Ke kampung Ecologi RW.06 Kelurahan Temas Kota Batu dan Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, bertujuan untuk menambah wawasan tentang pengelolaan lingkungan dan sebagai penyemangat mitra lingkungan selama ini yang telah bersinergi dengan Pemerintah Kota Probolinggo. Peserta Studi banding 14 orang pendamping dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo dan 34 orang Mitra lingkungan (Papesa, PGS Ceria, IMF, Abang Becak, DPB, KPL, Forjamansa, Kader Lingkungan Kelurahan berseri, P2B2), dengan total peserta 48 (orang). Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 28 November 2018, lokasi yang dituju adalah yang pertama ke Kampung Ecologi RW.06 Kelurahan Temas Kota Batu dan yang kedua Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

Dari hasil Studi Banding di kampung Ecologi RW. 06 Kota Batu pada kegiatan tersebut dibuka oleh bapak Taslan Ketua RW.06 dan Ibu. Lili selaku kader lingkungan yang memaparkan pengelolaan lingkungan yang dilakukan di RW 06 kelurahan Temas. Setelah diterima di RW 06 peserta Studi Banding Kota Probolinggo menuju ke beberapa titik lokasi untuk melihat potensi yang ada:

  1. Di RW. 06 sendiri, ada beberapa lokasi yang di kunjungi lokasi tersebut adalah Gang TPQ, BIG Wall, Gang. Punden, Pertanian Organik, Bank Sampah, Kedai Kado, Gang. Bahagia dan Gang. Cinta.
  2. Peserta Studi Banding menuju Gang. Cinta untuk melihat beberapa tanaman bunga hias yang ada yaitu bunga anyelir, petunia merah, azalea dll. Beberapa bunga tersebut ada yang ditanam secara bergantung, baik ditembok maupun penghujung ujung tembok bagian atas dan tempat foto Instagram kampong ecologi. Satu Gang. yaitu di jalan patimura Gg. 5 dijuluki lorong cinta, sebab sepanjang lorong pemukiman tersebut di penuhi oleh bunga petua pink, Lubang Resapan Biopori, Tempat Sampah Terpilah, Bank Sampah “ Kedai Kado” dimana terdapat hasil prodak daur ulang yang diproduksi oleh ibu- ibu warga RW 06 serta Peternakan, Usaha Mikro Kecil Menegah (Pengolahan Susu Etawa) dan pengelolaan pertanian organik KRPL (kawasan rumah pangan lestari) dan demplot TP. PKK “ Wisma Nusa Indah”

DLH Ajak Mitra Lingkungan Kunjungi Kampung Ekologi Temas Dan Desa Wisata Hijau Pujon Kidul

Dilanjutkan Studi Banding di Desa Pujon Kidul Kabupaten Malang. Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Ka. Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo dan bapak Hartono selaku Kepala Dusun Maron juga kader lingkungan Desa Pujon yang menjadi narasumber dan memaparkan Perencanaan, Pengelolaan Lingkungan Desa Wisata Hijau Berkelanjutan yang dilakukan di Aula Wisata Pujon Kidul. Setelah selesai paparan di Aula Wisata Pujon Kidul sesi tanya jawab peserta Studi Banding Kota Probolinggo menuju ke lapangan untuk melihat potensi yang ada sebagai berikut:

  1. Wisata Cafe Sawah yang dikelola oleh warga Desa Pujon Kidul secara berkelompok menurut tiap-tiap Dusun dan dikenakan Retribusi bagi pengunjung. Disana juga terdapat Wisata Edukasi Peternakan Dewi Pujon Kidul, Wisata Pertanian dan Biogas, Wisata Taman Herbal, Wisata Petik Jambu dan Apel dan Kawasan Rumah Pangan Lestari.
  2. Manajemen Pengelolaan lingkungan di Desa Pujon Kidul melalui PERDES untuk mencapai inovasi Lingkungan dengan menggerakkan masyarakat, Kelompok Tani, Wanita Tani, TP PKK, Karang Taruna, Kelompok UMKM, Dunia Pendidikan, Kelompok Seni Budaya, Kelompok Ternak, linmas, LMDH, Kepala Dusun dan Kader Lingkungan.
  3. Aksi kader lingkungan dan kader pkk di pujon dengan aksi penanaman penghijauan dan membangun KRPL oleh Wanita Tani.
  4. Membangun potensi daerah melalui Musremdes bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Koordinasi dengan DPRD dan Masyarakat setempat.

Rencana tindak lanjut dari Studi banding ini adalah adanya komitmen Mitra DLH dan Kader Lingkungan menerapkan pengelolaan lingkungan yang lebih baik di lingkungan permukiman masing-masing, yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Manajemen pengelolaan lingkungan melalui kebijakan bersama untuk mencapai inovasi pengelolaan lingkungan dan membangun potensi Daerah dengan melibatkan stakeholder Masyarakat, Pemerintah dan Swasta.