Aksi Bersih Kali Banger, Berbagai Elemen Bersinergi Dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIB)

Gerakan Indonesia Bersih (GIB) merupakan gerakan yang di programkan oleh Pemerintah Pusat untuk memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat, pemerintah dan swasta agar semakin peduli dalam pengelolaan lingkungan dan aksi membersihkan sampah. Gerakan Indonesia Bersih (GIB) dilakukan melalui berbagai upaya bersama dan tindakan aksi nyata dengan melibatkan, Mitra Lingkungan Hidup, Sekolah, TNI, Perwakilan OPD Pemkot Probolinggo. Gerakan Indonesia Bersih ini sebagai momen penting untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman”. Kegiatan Aksi Lingkungan melalui kerja bhakti sungai, pantai dan penanaman pohon juga, sebagai komitmen kebersamaan yang ditunjukan melalui sinergitas antara elemen masyarakat peduli lingkungan, pemerintah, swasta, dengan seluruh komponen masyarakat dalam kepentingan bersama.

Pelaksanaan kegiatan Apel Gerakan Indonesia Bersih dan Aksi Bersih Kali Banger dilaksanakan pada Hari jumat, Tanggal 2 November Tahun 2018, bertempat Lahan Kodam V Brawijaya jalan A. Yani Kota Probolinggo dilanjutkan Aksi Bersih Kali Banger dan Sungai Pancor Kota Probolinggo. Peserta kegiatan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Kota Probolinggo sekitar ± 450 orang yang melibatkan Seluruh OPD Pemerintah Kota Probolinggo, TNI, Perusahaan, Mitra/ komunitas peduli lingkungan, Anggota Saka Kalpataru, Sekolah Adiwiyata, Masyarakat sekitar Kali Banger dan sungai Pancor dan Perwakilan dari perusahaan. Apel Gerakan Indonesia (GIB) sebagai puncak rangkaian kegiatan Bulan Revolusi Mental dan Hari Habitat pada 3 Oktober, Hari Jadi TNI yang ke-73 pada 5 Oktober, Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang ke-73 pada 12 Oktober, Hari Sumpah Pemuda yang ke-90 pada 28 Oktober.

Aksi Bersih Kali Banger, Berbagai Elemen Bersinergi Dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIB)

Kegiatan Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Kota Probolinggo diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Ibu Walikota Probolinggo Hj. Rukmini S.H., MSi. Setelah Apel dilaksanakan kerja bakti bersama Ibu Walikota di sekitar lahan Kodam V Brawijaya dan disepanjang Kali Banger dan Sungai Pancor yang terbagi dalam beberapa kelompok. Kerja Bakti di Kali Banger dan Sungai Pancor dengan cara mengambil/ pembersihan sampah dan gulma dari sungai. Dari hasil kerja bakti tersebut diperoleh sampah sebanyak ± 1.200 ton dari Sungai Pancor dan Kali Banger. Gerakan Indonesia Bersih (GIB) bertujuan membangkitkan kepedulian, kesadaran dan memotivasi seluruh pihak, Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah Tahun 2025 yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.